![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDSu1eB59N2bngSokbR-jeIbJl5SeC72Nin212LqnH6ZLWiTa63Ht-dcEyzuhPu4I0_fubgn3yd0WLXm-DimjYPj7NOCnXSIKSFJ0dus8vV6zVoyKK9ghh3iJPfJUx4NU5-n5Sehizfg-G/s1600/11b65-Pesawat-Sederhana.png)
Kerja yang timbul adalah hasil gaya dan jarak. Jumlah kerja yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu bersifat konstan, walaupun demikian jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mencapai hal ini dapat dikurangi dengan menerapkan gaya yang lebih sedikit terhadap jarak yang lebih jauh. Dengan kata lain, peningkatan jarak akan mengurangi gaya yang dibutuhkan. Rasio antara gaya yang diberikan dengan gaya yang dihasilkan disebut keuntungan mekanik.
Macam – Macam Pesawat Sederhana
- Pengungkit
Pengungkit atau disebut juga tuas merupakan pesawat sederhana yang paling sederhana.Pengungkit ini terdiri dari sebuah batang kaku (misalnya logam, kayu, atau batang bambu) yang berrotasi di sekitar titik tetap yang dinamakan titik tumpu.
- Katrol
- Bidang miring
- Roda dan Poros
Roda dan poros merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang terdiri dari dua buah silinder dengan jari-jari yang berbeda dan bergabung di pusatnya. Silinder berjari-jari besar dinamakan roda dan silinder berjari-jari kecil dinamakan poros
Kesimpulan
Pesawat digunakan manusia untuk memudahkan pekerjaan. Ada dua jenis pesawat yaitu pesawat sederhana dan pesawat rumit. Pesawat sederhana ada empat macam, yaitu tuas atau pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
Tujuan menggunakan pesawat sederhana adalah untuk melipat gandakan gaya atau kemampuan, mengubah arah gaya, dan memperbesar kecepatan ketika menempuh jarak yang lebih jauh.
0 komentar:
Posting Komentar